Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Twitter Bukan Lagi Media Sosial

Twitter bukan lagi sebagai media sosial. Dalam toko aplikasi milik Apple, iTunes App Store, Twitter pindah halauan dan masuk dalam kategori News. 

Kemungkinan, ini merupakan cara Twitter dalam menyiasati kekalahan di ranah media sosial. Selama ini, Twitter terus mengalami kerugian dan pertumbuhan pelanggannya pun masih kalah jauh dengan dengan pesaingnya, Facebook.

Di kategori media sosial, Twitter menduduki posisi 10 besar. Setelah pindah kategori News, Twitter merangkak ke posisi satu sebagai aplikasi berita paling banyak diunduh. 

Menurut laporan TechCrunch, setidaknya ada dua keuntungan yang didapat oleh Twitter terkait perpindahan kategori ini,

Pertama, sebagai aplikasi yang berada di urutan satu maka “awareness” pengguna iPhone atau iPad akan fokus pada Twitter. Jika dalam kategori media sosial, Twitter berada di urutan 10 besar. Sedangkan untuk kategori aplikasi gratisan, Twitter duduk di posisi 28.

Kedua, dengan perpindahan ini, Twitter akan menarik perhatian pengguna dengan segmen yang berbeda. Adalah mereka yang ingin dengan mudah mendapatkan informasi pemberitaan di smartphone, ketimbang harus menggunakan jejaring sosial. Ini secara tidak langsung akan menaikkan jumlah download.

TechCrunch belum mendapatkan konfirmasi dari pihak Twitter terkait perpindahan kategori ini. Pastinya, 

Twitter harus mempertahankan posisinya di kategori News karena dibayang-bayangi Reddit dan CNN. Tapi untuk aplikasi Android, Twitter sepertinya masih bertahan di kategori media sosial.

Twitter telah memiliki sekitar 310 juta pengguna aktif bulanan. Jumlah itu naik tipis dibanding kuartal sebelumnya yang hanya 305 juta pengguna.*

Post a Comment for "Twitter Bukan Lagi Media Sosial"