Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mahasiswa Harus Manfaatkan Peluang Bisnis di Media Sosial

Peluang Bisnis di Media Sosial
Mahasiswa harus pintar-pintar melihat peluang bisnis di era media sosial. Mereka bisa memanfaatkan media sosial sebagai ajang pembelajaran untuk menjadi enterpreneurship.

Demikian dikemukakan konsultan technopreneur sekaligus media, Rulli Nasrullah, di depan ratusan mahasiswa peserta seminar Implementasi Technopreneur di Era MEA di Bandung.

"Seorang mahasiswa, jika ingin menjadi seorang enterpreneurship, tidak hanya bisa mengandalkan materi kuliah atau nilai kuliah saja, namun skill pun harus mumpuni. Hal seperti inilah yang perlu diperhatikan oleh seorang mahasiswa di zaman seperti sekarang ini," katanya dikutip Inilah Koran
“Karena persoalannya adalah kita boleh kuliah, boleh IPK tinggi, tapi skill penting. Jangan berharap setelah lulus kuliah langsung kerja,” ujar Rulli.

"Sambil kuliah kita bisa bekerja, kita bisa menjadi endorser produk di Youtube, blog, Facebook, Twitter dan lainnya. Saya melihat dua-tiga tahun ini menjadi semacam budaya,” ucapnya.

Sebagai contoh, Rulli mengatakan, ada beberapa mahasiswa yang bisa sukses berjualan melalui media sosial. Hal ini bisa menjadi acuan bagi mahasiswa lainnya untuk mau memanfaatkan keberadaan media sosial seperti sekarang ini.

“Ada mahasiswa yang mereka tidak jualan, tidak memiliki barang, tapi hanya bikin status saja di media sosial, sistemnya dropshit dan mereka mendapatkan sharing ekonomi yang saya pikir luar biasa,” paparnya.

Dia menilai, saat ini banyak orang yang berfikir jika ingin berwirausaha atau menjadi enterpreneurship, mereka hanya memikirkan yang namanya modal, produk dan jasa. 

Di era media sosial, kata dia, harus berfikir di luar itu. Artinya, semua orang harus pandai-pandai memanfaatkan peluang dengan keberadaan media sosial yang baik dan benar.

“Medsos itu kan sebenarnya alat. Jadi medsos itu jangan hanya dipakai curhat saja saat lagi galau. Itu bisa dimanfataatkan untuk jualan dan gratis,” katanya.

Dikatakan Rulli, saat ini keberadaan media sosial telah menjamur dan banyak digunakan khususnya oleh kalangan anak-anak muda. Kendati begitu, pihaknya berharap, keberadaan media sosial ini bisa untuk digunakaan sebaik mungkin dan tentunya bisa menghasilkan nilai ekonomi yang baik.

“Saya ingin mahasiswa itu paham dengan sosial media enterpreneurship dan jiwa enterpreneurship-nya juga bisa jalan,” imbuhnya.

"Jadi media sosial ini jangan hanya untuk curhat saja. Harapannya, bagi saya sosial media tidak dipakai untuk menyebarkan hoax, kebencian, tapi bisa dimanfaatkan untuk enterpreneur,” tambahnya.*

Post a Comment for "Mahasiswa Harus Manfaatkan Peluang Bisnis di Media Sosial"