Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Halaman Disclaimer di Blog

Cara Membuat Halaman Disclaimer di Blog
Cara Membuat Halaman Disclaimer di Blog sangat gampang. Gunakan saja Disclaimer Generator. Kita tinggal memasukkan nama blog, alamat blog, link kontak, dan email.

Setelah klik "Generate Disclaimer", kita akan mendapatkan kode atau teks HTML yang tinggal dicopas ke halaman statis. Lihat Contoh Halaman Disclaimer.

Pengertian Disclaimer
Sebelum ke cara membuat halaman disclaimer, kita pahami dulu apa itu disclaimer. Secara bahasa (Inggris), disclaimer adalah sangkalan atau penolakan.

Di Yahoo Answers, ketika ada yang bertanya mengenai disclaimer, jawaban terbaik yang dipilih sebagai berikut:

"Istilah disclaimer sebenarnya mengandung banyak arti, tergantung konteksnya, bisa dalam konteks pengawasan keuangan, bisa dalam konteks hubungan produsen barang dan jasa dengan konsumennya, dll."

"Dalam bidang pengawasan keuangan, dikenal dengan istilan disclaimer opinion, yaitu seorang auditor tidak menyatakan pendapatnya terhadap Laporan Keuangan dari lembaga yang diperiksanya yang disebabkan misalnya sejumlah item laporan keuangan yang disusun oleh lembaga yang diperiksa tidak dapat diyakini keandalannya dan dianggap bermasalah."

Ada juga yang menjawab sebagai berikut: 

"Disclaimer adalah kalimat peringatan kepada konsumen atau publik mengenai kualitas barang riil, artikel, anjuran, advis, ramalan dan benda abstrak lainnya. Saya menulis analisa ekonomi, seharusnya pakai disclaimer, yang mengatakan bahwa semua kerugian akibat mengikuti tulisan saya ini adalah tanggung jawab masing-masing, bukan tanggung jawab penulis." 

Jadi, disclaimer adalah pernyataan untuk melepaskan tanggung jawab. Isinya berinti pada pemindahkan tanggung jawab dari originator/sumber ke pemakai." 

Di laman Hukum Online dijelaskan panjang lebar mengenai makna Disclaimer yang intinya adalah disclaimer atau pernyataan penyangkalan diberikan dengan tujuan perlindungan bagi pemilik website atau situs sebagai pemberi informasi. 

Pembaca suatu situs dianggap secara otomatis menerima syarat dan ketentuan yang berlaku pada situs tersebut, termasuk klausul disclaimer. Namun, ternyata tidak begitu saja bisa lepas dari tanggung jawab.

Kesimpulannya, disclaimer penting dibuat di blog, apalagi jika blog Anda menjadi publisher Google AdSense.

Cara Membuat Halaman Disclaimer di Blog
1. Buka Disclaimer Generator
2. Isi semua kotak yang tersedia

Cara Membuat Halaman Disclaimer di Blog


3. Klik "Generate Disclaimer"
4. Copas semua kode HTML/Teks yang ada dan paste di halaman statis

Cara Membuat Halaman Statis Disclaimer

1. Page > New Page
2. Segera isi judul halaman dengan Disclaimer
3. Klik mode HTML
4. Paste kode yang dicopas dari halaman Disclaimer Generator
5. Publish!

Post a Comment for "Cara Membuat Halaman Disclaimer di Blog"